Merdeka Belajar dan Umpan Balik

 

MERDEKA BELAJAR


Mengenal dan memahami diri sebagai pendidik

  • Mampu mengenali kekuatan dan kelemahan diri 

  • Mengenal karakteristik dan kebutuhan murid

  • Menjadi manusia merdeka yang hidupnya bersandar pada kekuatan sendiri baik lahir maupun batin, tidak tergantung pada orang lain (Ki Hajar Dewantara)

  • Pendidikan menuntun kkekuatan kodrat yang ada pada murid agar dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan 

  • Pendidikan berperan penting pada perkembangan murid sesuai dengan perkembangan zaman 

  • Mendidik amak sama dengan mendidik rakyat (Ki Hajar Dewantara)

  • Guru harus Adaptif perubahan 

Mendidik dan mengajar 

  • Pengajaran merupakan bagian dari pendidik 

  • Mendidik menyeluruh

  • Pendidikan selama satu abad

  • Menjadi manusia secara utuh

  • Pengajaran merupakan cara menyampaikan ilmu atau manfaat bagi hidup anak secara lahir dan batin

  • Mendidik adalah menuntut segala kodrat yang ada pada muris sehingga murid dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya 

  • Pendidikan tidak sekedar memberi pegetahuan, namun mendidik keterampilan  berpikir dan mengembangkan kecerdasan batin murid

  • System Among (Ing Ngarsa Sung Tuladha, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani)

  • Manusia merdeka merupakan manusia yang dapat memerintah dan menguasai dirinya

mendidik

Menuntut segala kodrat yang ada pada  murid agar mencapai kebahagiaan  dan keselamatan  sebagai manusia atau pun anggota masyarakat

mengajar 

proses pendidikan dalam mencari ilmu untuk kecakapan hidup anak secara lahir dan batin

Mendampingi murid dengan utuh dan menyeluruh

  • Pendidikan bergerak secara dinamis menyesuaikan keadaan yang bergerak begitu cepat 

  • Setiap murid dilahirkan  dengan kodrat alam yang berbeda-beda

  • Lita tidak bisa mencegah perubahan zaman, sehingga cara mendidik dan mengajar yang kita lakukan harus dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada

  • Guru dapat merancang pembelajaran yang berkelanjutan, terbuka, dan berdasarkan kebudayaan bangsa (( Asas Trikon)→Kontinyu, Konvergen, Konsentris)

Mendidik dan melatih kecerdasan budi pekerti 

  • Budi pekerti merupakan  hasil bersatunya gerak pikiran, perasaan, dan kehendak sehingga menimbulkan suatu tenaga 

  • Budi pekerti juga merupakan perpaduan cipta, rasa,  dan karsa

  • Budi pekerti murid tidak hanya dibentuk di lingkungan  sekolah saja, namun dilingkungan keluarga dan masyarakat

  • Kodrat anak di ibaratkan kertas yang sudah terisi penuh  yang terisi berbagai macam tulisan dan coretan, sehingga tugas Pendidikan adalah menebalkan dan menjelasskan arti dan maksud dari tulisan coretan tersebut.

Pendidikan yang mengantarkan keselamatan dan kebahagiaan

  • Sebagai guru, kita tidak hanya mengajarkan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga memantau dan membimbing murid untuk menemukan  pemahaman yang  bermakna

  • Perspektif guru tidak selalu sama dengan perspektif murid

  • Fungsi Pendidikan adalah mengantarkan murid agar siap hidup dan mampu mengisi zamannya



Link Umpan balik 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kurikulum Perlu Berubah

Bangun ruang sisi lengkung (tabung)